Sejarah

Gypsy Camp Dhamma Andalas adalah pusat meditasi vipassana yang terletak di sebuah lahan seluas 2,5 ha di Dusun X Tanduk Benua, Desa Suka Makmur Kutalimbaru, Deliserdang. Dengan perjalanan kurang lebih 1,5 jam dari kota Medan, anda akan tiba di pusat meditasi  yang terletak di sebuah dusun yang jauh dari pemukiman penduduk dan memiliki cuaca yang sangat menyenangkan.

Saat ini Gypsy Camp Dhamma Andalas masih dalam pembangunan. Dhamma Hall Utama, dapur dan ruang makan rampung pada bulan Desember tahun 2020 dan akhirnya diselengarakan kursus ke-XIII untuk daerah sumatera utara di Pusat Meditasi Vipassana Dhamma Andalas pada tanggal 22 Desember 2020 sampai 2 Januari 2021.

Hall utamanya berukuran 28 X 28 dan mampu menampung lebih dari 100 orang. Terdapat 100 kamar terpisah, masing-masing dengan kamar mandi di dalamnya. Dapur yang luas dibarengi ruang makan yang nyaman telah ditata. Tempat tinggal untuk para Guru pembimbing juga dibuat dengan nyaman sehingga mereka dapat mencurahkan seluruh konsentrasinya untuk membimbing kursus meditasi. Gypsy Camp Dhamma Andalas juga dilengkapi dengan sel meditasi bagi mereka yang ingin berlatih meditasi dengan serius. Tersedia beberapa ruangan yang melayani ceramah Dhamma dalam beberapa bahasa.

Setelah kursus pertamanya yang berlangsung pada tahun 2006 yang dilaksanakan di Cinta Alam Retret Center, para siswa lama yang berlatih meditasi Vipassana yang diajarkan oleh Guru S.N Goenka di Medan telah memulai usaha pencarian lokasi untuk membangun pusat meditasi sendiri.

Mengapa hal ini menjadi penting? Karena setelah kursus pertama mereka menyadari bahwa melaksanakan kegiatan kursus di lokasi orang lain memerlukan usaha yang sangat besar, mulai dari persiapan tempat, barang-barang kursus, kendaraan untuk pemindahan barang, batas lokasi kursus,  bahkan masalah dana pelaksanaan menjadi tantangan besar bagi para siswa lama yang bertanggung jawab atas keberlangsungan kursus ini. Meskipun demikian, dengan usaha bersama, kursus masih dapat terus dilaksanakan secara rutin sampai tahun 2019. Beberapa tahun terakhir, bahkan kursus dapat diselenggarakan dua kali dalam satu tahun.  

Setelah pencarian selama bertahun-tahun, akhirnya ditemukan lokasi yang ideal untuk membangun pusat meditasi. Harga yang dapat dijangkau, lokasi cukup terpencil namun tidak terlalu jauh dari kota sehingga dapat ditempuh dengan waktu relatif singkat. Belum lagi iklim setempat yang sangat mendukung para meditator untuk berlatih dengan serius.

Keberadaan Dhamma Andalas  ini akan menjadi berkah bagi para siswa lama yang berdomisili di Sumatera Utara dan sekitarnya.
Meskipun Dhamma Andalas masih belum menjadi center tetap untuk kursus meditasi Vipassana yang diajarkan oleh S.N Goenka, namun seluruh persiapan pembelian, pembangunan dan tata letak serta prinsip – prinsip bangunan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan pelaksanaan kursus meditasi Vipassana S.N Goenka, sehingga tempat ini dapat mendukung para meditator untuk berlatih dengan serius dan mendapatkan banyak manfaat dari latihan tersebut.